Merawat Tulang Agar tetap Sehat Dan Kuat



Tulang secara harfiah sebagai sistem pendukung tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Tulang akan terus mengalami kerusakan dan dibangun kembali dalam jumlah yang sangat kecil. Sebelum Anda berusia 30 tahun, tulang biasanya akan mencapai masa perkembangannya (bervariasi dari setiap orangnya), tubuh membangun tulang baru lebih cepat, akan tetapi setelah usia 30 tahun, keseimbangan tulang secara alami bergeser, dan pertumbuhan tulang yang baru akan sedikit melambat.

Setiap orang memiliki cadangan tulang mereka karena beberapa faktor termasuk genetik, beberapa tulang dibangun saat seseorang remaja. Penipisan tulang yang secara alami tidak terlalu berpengaruh secara drastis. Tapi bila cadangan tulang seseorang sedikit, ketika tubuh tidak dapat membuat tulang baru ketika tulang lama mulai keropos, osteoporosis bisa terjadi, yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh, dan memungkinkan pengeroposan tulang lebih mudah. osteoporosis paling umum terjadi pada wanita menopause diatas 65 tahun, dan pada pria diatas 70 tahun.

Mungkin osteopotosis usia muda bagi banyak orang hal yang sangat amat mengerikan, yang mana tulang kita menjadi rapuh di usia muda. Namun hal itu tidak dapat terjadi bila kita benar-benar merawat tulang kita dengan baik dan benar agar tetap sehat dan kuat. Bagaimana cara merawat tulang agar tetap sehat dan kuat? Berikut tips nya:

1. Ketahui Latar Belakang Keluarga Anda

Menurut para ahli medis, riwayat keluarga faktor utama dari kesehatan tulang. Mereka yang mempunyai riwayat keluarga atau saudara yang mempunyai masalah tulang atau osteoporosis. kemungkinan Anda terkena ostoporosis sangat memungkinkan. Untuk itu Anda bisa bertanya kepada orang tua atau bahkan nenek Anda tentang riwayat keluarga Anda.

2. Banyak Konsumsi Makanan Yang Mengandung Kalsium

Seperti halnya gigi Anda yang membutuhkan asupan kalsium, tulang juga membutuhkan banyak kalsium. Kalsium sangat penting untuk pengembangan tulang Anda. Dan kalsium dapat membantu dalam pembentukan otot, saraf, sekresi hormon, dan tekanan darah.
Makanan yang mengandung banyak kalsium seperti, yogurt, keju, susu, bayam dan collard hijau.

3. Konsumsi Vitamin D

Selain kalsium tulang sangat membutuhkan vitamin D. Keduanya bekerja sama untuk membantu dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tulang. Untuk meningkatkan vitamin D banyak konsumsi udang, dan makanan lain yang banyak diperkaya vitamin D seperti, sereal, jus jeruk, ikan sarden, kuning telur, dan ikan tuna. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D.

Sebenernya tubuh juga bisa memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari. Jadi ada baiknya setiap pagi hari Anda berjemur 10 sampai 15 untuk asupan vitamin D yang dibutuhkan tulang Anda, Menurut penelitian seseorang akan banyak kehilangan tulang selama musim dingin, itu disebabkan kurangnya asupan sinar matahari sebagai sumber vitamin D untuk tulang. Untuk itu dianjurkan seseorang harus banyak menyerap sinar matahari untuk persediaan vitamin D.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang Dengan Vitamin K

Vitamin K dikenal untuk membantu dalam pembekuan darah, tetapi juga membantu dalam pembuatan protein yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, kontribusi vitamin K untuk kesehatan tulang tidak begitu pasti. Studi yang dilakukan Pada dua orang, vitamin K memberikan efek yang berbeda. Satu menunjukkan vitamin K dapat memperlambat pergantian tulang, dan tidak memiliki efek dalam kepadatan mineral tulang,sementara yang satunya sebaliknya.

Dalam studi lain secara khusus membandingkan efek vitamin K dan D pada penyerapan kalsium pada seekor tikus, dan ternyata kedua vitamin dapat bekerja sangat baik sebagai sebuah tim; Vitamin D bekerja mendorong penyerapan kalsium dalam usus,sedangkan vitamin K mengurangi jumlah kalsium diekskresikan oleh tubuh.

Terlepas dari hasil studi itu semua tentang pengaruh tidaknya vitamin K membantu tulang Anda, ada baiknya Anda mencoba konsumsi vitamin K. Anda bisa konsumsi makanan yang mengandun vitamin K seperti, brokoli, loba, kale, dan bayam.

5. Pompa Kalium

Kalium memang tidak dikenal untuk membantu kesehatan tulang; karena kalium merupakan mineral yang membantu saraf dan otot untuk saling bekerjasama, dan membatu sel dalam pembuangan limbah. Akan tetapi kalium juga ternyata dapat menetralisir asam yang menghilangkan kalsium dalam tubuh.

Dari hasil studi yang dilakukan kepada dua orang wanita pra dan paska menopause menunjukkan bahwa diet tinggi kalium dapat meningkatkan kesehatan tulang. Bahkan, studi yang melibatkan wanita premenopause menunjukkan perbedaan 8% kepadatan tulang antara perempuan dengan asupan kalium yang tinggi dan mereka dengan asupan kalium yang rendah.

Beban potassium dengan makan makanan seperti ubi jalar, kentang putih (dengan kulit), yoghurt dan pisang.

6. Berolahraga

Olahraga teratur adalah kunci untuk menjaga sejumlah masalah kesehatan tubuh, dan kesehatan tulang tidak terkecuali. Bahkan, gaya hidup dianggap sebagai faktor risiko untuk osteoporosis.

Olahraga apa yang paling efektif ? latihan menahan beban seperti berlari, berjalan, lompat tali, ski dan memanjat tangga menjaga tulang kuat.

7. Kurangi Kafein

Kafein memang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, tapi sayangnya tidak untuk tulang kita. Terlalu banyak dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Menurut studi menunjukkan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari mempercepat  pengeroposan pada tulang

8. Berhenti Merokok

Berikut alasan luntuk berhenti rokok: beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dapat mencegah tubuh dalam menyerap kalsium, penurunan massa tulang.


Itulah beberapa tips merawat tulang Anda agar  tetap sehat dan kuat, semoga artikel ini bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.