Fakta-fakta Dan Keunikan Dari Indonesia


Indonesia negara yang kita cintai ini, mempunyai keaneka ragaman suku, budaya serta bahasa. Dan Indonesi memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah.

Banyak sekali Fakta yang menarik dan keunikan tersendiri dari negara yang kita cintai ini dibandingkan dengan negara atau bangsa lain yang tanpa kita sadari. Sehingga banyak dari negara lain yang kadang iri dengan negara yang kita cintai ini, namun sebaliknya kadang kita malah membanggakan bangsa atau negara lain. Artikel yang saya bahas kali ini adalah tentang fakta dan keunikan yang ada di negara yang kita cintai ini, apa lagi kalau bukan Indonesia.

Apa saja fakta dan keunikan dinegara yang kita cintai ini? yuk kita simak saja fakta dan keunikan berikut ini.

1. Komodo Binatang Purba Yang Hanya Ada Di Indonesia

Komodo atau nama latinnya Varanus Komodoensis adalah binatang purba yang lolos dari kepunaha jutaan tahun yang lalu. Binatang ini hanya terdapat di Indonesia yaitu di Pulau Komodo lebih tepatnya di Kepulauan Nusa Tenggara Timur.

2. Borobudur Candi Terbesar Di dunia

Candi Borobudur yang terletak di Magelang Jawa Tengah dibuat dijaman Dinasti Syailendra 750-850  Masehi merupakan Candi Budha terbesar didunia.

3. Peraturan Pemerintah yang selalu dilanggar

Kenapa saya bilang begitu karena setiap pemerintah membuat peraturan selalu saja dilanggar oleh masyarakat, seperti contoh dilarang parkir sembarang, tapi tetap saja banyak diantara kita yang membawa kendaraan parkir sembarangan. Dan masih banyak lagi peraturan-peraturan pemerintah yang dilanggar oleh masyarakat. karena semboyan kita adalah pemerintah membuat peraturan untuk dilanggar..hehehehe

4. Indonesia Negara Kepulauan Terbesar Di Dunia

Indonesia terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6000 pulau yang tidak berpenghuni)

5. Indonesia Negara Maritim Terbesar Di Dunia

Dengan perairan seluas 93.000 km2, dan panjang pantai sekitar 81.000 km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

6. Indonesia Negara Dengan Suku Bangsa Terbanyak Di Dunia

Terdapat lebih dari 750 suku bangsa/etnis, dimana dimana Papua saja terdapat 270 suku.

7. Pulau Jawa Merupakan pulau Terpadat Di Dunia

Sekitar hampir 60% penduduk Indonesia (sekitar 135 juta jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7%  dari seluruh wilayah Indonesia.

8. Negara Dengan Bahasa Daerah Terbanyak Di Dunia

583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesa. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia, bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

9. Indonesia Negara Mayoritas Muslim Terbesar Di Dunia

Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara
asal jamaah haji terbesar di dunia.

10. Tempat Di Temukannya Manusia Purba Tertua Di Dunia

"Pithecanthropus Erectus" yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

11. Indonesia negara pertama yang lahir sesudah Perang Dunia II pada tahun 1945. Indonesia juga merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

12. Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

13. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

14. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.

15. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

16. Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm.
Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

17. Letusan Gunung Terdahsyat Di Dunia

Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa meletus bulan April tahun 1815 ketika meletus
dalam skala tujuh pada Volcanic Explosivity Index. Letusan gunung ini terdengar hingga pulau Sumatra (lebih dari 2.000 km). Abu vulkanik jatuh di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Letusan gunung ini menyebabkan kematian hingga
tidak kurang dari 71.000 orang dengan 11.000
—12.000 di antaranya terbunuh secara
langsung akibat dari letusan tersebut. Bahkan beberapa peneliti memperkirakan sampai 92.000 orang terbunuh. Lebih dari itu, letusan gunung ini menyebabkan perubahan iklim dunia. Satu tahun berikutnya (1816) sering disebut sebagai
Tahun tanpa musim panas karena perubahan drastis dari cuaca Amerika Utara dan Eropa karena debu yang dihasilkan dari letusan Tambora ini.

18. Indonesia Menjadi Negara Dengan Jumlah Bank Dan Lembaga Keuangan Yang Berlandaskan Sistem Syariah Terbanyak Di Dunia.

Hal ini terbukti dengan hadirnya 33 bank, 46 lembaga asuransi, dan 17 mutual fund yang menganut sistem syariah untuk semester pertama tahun 2009.

19.  Indonesia Sebagai Negara Dengan Pengguna Facebook Tertinggi Di Asia Tenggara

Pada tahun 2008, pengguna facebook di Indonesia tumbuh 645 persen mengalahkan China, India, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

20.Negara Asia pertama yang Berpartisipasi Dalam Piala Dunia

Mungkin banyak yang tidak tahu, kalau Indonesia pernah merasakan ajang terbesar dalam sepak bola. kala itu Indonesia masih dalam penjajahan belanda, Indnesia memakai nama Hindia belanda kala itu, menggantikan rusia yang tidak jadi tampil di piala dunia kala itu.


Itulah fakta yang menarik dan keunikan dari Indonesia, cintai lah negara kita sendiri, karena masih banyak hal menarik dan keindahan yang ada di Indonesia ini, yang membuat negara lain iri dengan negara dan bangsa kita.

No comments

Powered by Blogger.