Tips Mengatur Keuangan Yang Benar


Penghasilan sebesar apapun tidak akan merasakan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, pasti akan selalu merasa kekurangan. Bagi seseorang yang masih sendiri atau belum berumah tangga tidak begitu banyak keperluan untuk sehari-hari, namun tetap saja uang dari gaji habis begitu saja tanpa tau dipake untuk apa saja uang itu dibelanjakan. Bagi yang sudah berkeluarga akan berakibat rumah tangga sering bertengkar  akibat  masalah keuangan.

disini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana mensiasati atau mengatur masalah keuangan dan menambah pendapatan, agar bisa mengelola keungan dengan baik dan benar. Berikut tipsnya;

1. Tujuan Keungan

Inilah hal yang harus diperhatikan mau di gunakan untuk apa saja uang kita digunakan. Jangan kita mentang-mentang punya uang atau baru saja gajian kita menghambur-hamburkan dengan membelanjakan uang tersebut dengan hal yang tidak penting, sehingga duit yang kita punya habis begitu saja dengan hal tersebut. Beli lah barang atau belanjakan sesuatu yang kita butuhkan untuk keperluan kita sehari-hari.

2. Catat Pengeluaran Harian

Dengan mencatat pengeluaran bisa membantu kita untuk melihat jumlah pengeluaran hari ini, apakah hari ini pengeluaran kita besar atau kecil, agar keesokan harinya bisa kita sesuaikan lagi jumlah pengeluaran kita.

3. Menabung

Hal ini sangat penting dikarenakan kita harus punya simpanan apa bila kita sewaktu-waktu punya keperluan yang mendesak atau mendadak, kita ada uang yang kita tabung tersebut untuk digunakan atau dipake keperluan yang mendadak atau mendesak tersebut.

4. Hindari Berhutang

Kenapa demikian? dikarenakan bila hutang kita menumpuk uang kita akan habis untuk bayar hutang tanpa kita menyisipkan sedikit untuk ditabung. Selain itu bila kita punya utang kita akan merasakan susah tidur akibat memikirkan hutang, hehehe.

5.  Membuka Usaha Kecil-kecilan

Hal ini bisa sangat berguna untuk menambah penghasilan atau keungana kita. Kita bisa buka usaha kecil-kecilan seperti menjual kue-kue kering atau yang lainnya yang mana modal usaha tersebut kecil dan pas dengan keungan kita.

6.  Cari Kerja Sampingan

Seperti hal diatas ini juga bisa menambah penghasilan kita. Kita bisa kerja part time kerja di tempat lain, bila kita kerja ditempat kita kerja pagi kita bisa mengambil kerja part time ditempat lain dengan bekerja siang atau disore hari. Namun sudah pasti hal ini akan menguras stamina kita dan kita pasti akan capek.

7. Usahakan Berikan 2,5% Pendapatan Kita Untuk Orang Yang Tidak Mampu

Mungkin yang satu ini agak berat bila kita harus mengeluarkan 2,5% uang kita kepada orang lain, karena kita saja merasa kekurangan. Tapi percayalah bila kita menyisipkan uang kita untuk diberikan kepada yang tidak mampu yang hidupnya dibawah kita atau anak yatim, akan menambah rezeki yang akan kita terima. Karena perintah allah dan rasulnya, selain itu juga dapat membersihkan harta yang kita punya dari apa yang haram.

demikianlah tips mengatur keungan yang benar agar kita bisa sebijak mungkin dalam mengelola keuangan  yang kita dapati. Dan jangan lupa selalu bersyukur berapapun rezeki yang kita dapati besar maupun kecil, bila kita selalu bersyukur Insya Allah, Allah akan menambah rzeki kita.. Semoga Artikel ini bisa bermanfat bagi Anda yang membaca

No comments

Powered by Blogger.