Bahaya Dehidrasi Dan Cara Mengatasinya



Tahukah Anda? ketika Anda haus sebenarnya Anda sudah sudah mengalami dehidrasi. Dehidrasi, kehilangan cairan dalam tubuh sedikitnya 2%, akan mengakibatkan dampak negatif tubuh dan pikiran Anda. Dehidrasi dapat menyebabkan Anda kebingungan, mudah marah, sembelit, mengantuk, demam, dan  haus. Adapun tanda-tanda lebih dan gejala ringan sampai gejala ringan Anda sedang dehidrasi diantaranya, bibir kering, mulut lengket, otot melemah, sendi kaku, sakit kepala, pusing, kepala ringanm mual, kram, penurunan urin, ekstremitas, pengisian kapiler lambat, dan mata menjadi cekung. Anda bisa mengatasi gejala dehidrasi tersebut dengan meningkatkan asupan cairan tubuh Anda.

Untuk Atlet atau mereka dengan pekerjaan pekerjaan fisik, ketidakmampuan untuk melakukan dan fokus ketika mengalami gejala dehidrasi ringan dapat meningkatkan resiko cedera. Atlet dan orang-orang dengan pekerjaan fisik mungkin mengalami kerugian kinerja hingga 30%. Mereka akan mengalami flushingm daya tahan tubuh rendahm denyut jantung akan lebih cepat, suhu tubuh tinggi, dan cepat mengalmi kelelahan. Sangat penting minum banyak air untuk mengisi cairan dalam tubuh sebelum, selama, dan setelah latihan ataupun bekerja.

Sedangkan dehidrasi berat adalah hilangnya 10-15% cairan dalam tubuh dan merupakan kondisi yang mengancam jiwa yang membutuhkan perawatan medis secepatnya. Tanda-tanda dan gejala dehidrasi berat diantaranya, haus ekstrim, cepat marah dan kebingungan, mulut sangat kering, kulit kering dan selaput lendir, kurangnya berkeringat, sedikit atau tidak bisa buang air kecilm setiap urine yang dihasilkan akan berwarna kuning, mata cekung gelap, keriput dan kulit kering, detak jantung menjadi cepat, demam, koma, dan bahkan kematian. Dehidrasi tidak bisa hlang dengan sendirinya.

Berapa banyak Air yang harus Anda minum? Dianjurkan Anda minum dengan jumlah ons cairan yang sama dengan setengah berat badan Anda setiap hari. sebagai contoh, jika berat Anda 100 pound, hidrasi Anda akan menjadi sekitar 50 ons perhari dengan aktifitas normal. Anda dapat menyesesuaikan kebutuhan Anda setiap hari, bila Anda memiliki aktifitas menguras tenaga, Anda membutuhkan minum yang lebih banyak untuk asupan cairan dalam tubuh Anda.

Kebanyakan seseorang yang aktif seperti atlet memiliki tongkat dehidrasi pada akhir latihan ataupun bekerja. Berikut sedikit tips mengatasinya. dianjurkan Agar Anda minum Air yang cukup untuk kebutuhan cairan dalam tubuh untuk menggantikan sekitar 150% dari cairan yang hilang selama latihan.

Selain gejala dehidrasi tersebut, Bagaimana Anda tahu jika Anda sedang dehidrasi? salah satu cara mudah untuk mengetahui Anda sedang dehidrasi adalah dengan memeriksa warna urine Anda. Harus jelas atau kuning sangat pucat. Jika berwarna agak gelap, Asupan cairan Anda harus meningkat.

Hal yang Penting untuk menggantikan cairan yang hilang saat berolahraga, meminum Air murni secara ekslusif tidak selalu pilihan yang paling  aman bagi mereka yang berolahraga berat atau berolahraga yang yang sangat lama. Ketika sejumlah besar cairan yang hilang ketika berolahraga intensitas tinggi, air hanya menggantinya saja dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan kimia dalam tubuh dan kekurangan elektrolit (hiponatremia). Minuman untuk berolaharag dapat membantu memngembalikan eletrolit. Minuman ini harus mengandung karbohidrat, natrium, dan beberapa kalium. Elektrolit dalam tubuh kita termasuk natriumm kaliumm dan fosfat, sedangkan sodium adalah subtansi yang paling perhatian ketika cairan mengganti cairan yang hilang selama beraktifitas. Elektrolit sangat penting untuk fungsi organ yang tepat. Hilangnya elektrolit dapat menyebabkan sakit kepala akabat dehidrasi. Sangat penting bagi Anda memenuhi kebutuhan Air dan elektrolit, terutama saat berolahrag.

Bagaimana Anda mencegah dehidrasi? Minum Banyak cairan, terutama sebelum, selama, dan setelah berolahraga atau beraktifitas.hindari kafein dan alkohol karena keduanya akan menyebabkan dehidrasi. Hindari minuman bersoda kerena karbonasi dapat menyebabkan kembung atau rasa penuh dan mencegah konsumsi cairan yang cukup.
Menyadari dan mempersiapkan adalah cara termudah untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

No comments

Powered by Blogger.